Wisata Kuliner Khas di Karangasem Bali

Apabila Anda saat ini sedang liburan ke Pula Bali, maka Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi kabupaten Karangasem, di mana selain Anda bisa menikmati tempat-tempat pariwisata yang sangat indah dan juga mempesona, di sini Anda juga bisa menikmati makanan khas dari kabupaten Karangasem yang juga tidak kalah nikmatnya dengan masakan yang ada di sebuah restoran mahal. Ya, Karangasem mempunyai banyak sekali resep makanan dengan citra rasa khas, bila harus dibandingkan dengan masakan yang ada di daerah lainnya. Dan yang demikian ini tentunya sangat pas sekeli bagi Anda yang sedang berwisata kuliner khas Karangasem Bali.

Ini wisata kuliner khas di Karangasem Bali

Tipat Blayag

Tipat blayag ini mempunyai citra rasa yang sangat special yang pastinya tidak akan Anda temukan di daerah lainnya, sehingga membuat menu Blayag yang ada di Karangasem Bali ini jadi makanan favorit, baik di daerah asalnya atau pun daerah yang lain. Misalnya saja Pesta Kesenian Bali, menu Tipat Blayag satu ini menjadi makanan favorit bagi para pengunjung sebab keistimewaannya yang luar biasa, yakni mengguankan plecing kacang panjang, dan juga sayur urapan yang kesemuanya pengolahannya dengan tata cara serta citra rasa Karangasem. Bahkan tak hanya itu saja, ada sate ayam serapah yang sangat lembut, ditambahkan lagi dengan bumbu santan kentan yang nikmat, sensasi satenya yang menyatu dengan Tipat Blayag pastinya akan sangat menggugah selera penikmatnya.

Pencok Sagu

Selain dengan Tipat Blayag, kuliner khas di Karangasem lainnya adalah Pencok Sagu, yang mana makanan satu ini hanya bisa Anda temui di kabupate Karangasem. Komposisi yang ada di dalamnya serupa dengan lawar atau pun serapah tetapi yang membedakan adalah penggunaan sagu sebagai pengganti dari daging babi dan juga ayam pada lawar atau pun pengganti daging sapi yang ada pada serapah. Bahan baku untuk membuat kuliner khas Karangasem yang satu ini adalah sagu, sedangkan campuran yang lainnya adalah pencok sagu yang dibuat bersama dengan bumbu rempah yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kencur, terasi udang, jeruk sambal, cabe rawit, lada hitam, dan juga garam.

Lawar

Lawar adalah salah satu kuliner atau jajanan khas Karangasem Bali, makanan satu ini memang sudah sangat terkenal sekali di kabupaten Karangasem bahkan hingga ke seluruh Bali, sebab dieprgunakan sebagain sajian. Lawar ini merupakan salah satu jenis lauk pauk yang telah dibuat dari daging yang telah dicincang, sayuran, dan sejumlah bumbu-bumbu, serta terkadang dibeberapa jenis lawar diberi unsure yang bisa menambah rasa dari lawar tersebut yakni darah dari daging itu sendiri.

Demikianlah informasi tentang wisata kuliner khas di Karangasem Bali. Semoga saja informasinya bermanfaat.

Leave a Reply